Kamis, 13 Maret 2014

Yusuf dan Penceritraan Allah

Satu lagi keajaiban yang di perlihatkan oleh allah kepada ummat manusia di muka bumi ini adalah menurunkan surat yusuf, surah yang menceritakan secara total tentang kisah nabinya yang mulia, yang dikaruniai ketampanan dan kecerdasan luar biasa juga ketabahan dalam
menjaga keimanannya, subhanallah yang telah menciptakan manusia dari setets mani dan menjadikannya sebagai makhluk yang paling mulia.
Berawal dari mimpi, karena sesungguhnya hidup adalah cerminan mimpi, sebagaimana dikatakan bahwa berani hidup berani bermimpi bila dalam hidup kita tidak memiliki mimpi maka hidup akan terasa hambar, sumpek, absurd, bagai sayurtampa garamdan tak ada gairah, hikmah allah adalah berani menciptakan mimpi.
Kedengkian menjadi ceritra baru dalam hidup tatkala persaingan hidup mulai memanas,kecemburuan menjadi percikan pertama api dendam, persaingan sering mengantarkan manusia pada rel yang menyeleweng,keliru dan rumit, kesjatian persaingan adalah keberanian menjalani kebenaran tampa dusta, hidup adalah mimpi masa depan dan kberanian mewujudkan mimpi adalah kesatria sejati Yusuf sang nabi allah.
Fitnah menjadi racikan kedua setelah saudara-saudara yusuf tidak mampu memperalat nabi Ya'kub untuk mendapatkan posisi strategis yusuf sehingga korban mulai berjatuhan, konsekwensi paling sederhana dari sebuah fitnah adalah mewujudkan Absurditas dalam hidup,memudarnya kebenaran dan mulai saling mengambing hitamkan sesama, mencari-cari kesalahan dan pada diri orang lain yang pada endingnya mengoutputkan kebencian dan dendam, namun tidak bagi yusuf, Subhanallah.
Racun dibalas madu, tak lama setelah mengekskusi yusuf di sumur tua nasib yusuf mulai berangsur membaik namun tidak berarti fitnah dan cobaan akan hilang begitu saja, ketampanan dan daya tarik menjadi fenomena paling laku bagi penjualan anak termasuk pada diri yusuf yang tertimpa musibah, mulai dari pasar kumuh di negeri mesir sampai pada penjualan tingkat mafia yusuf di barterkan dengan dirham dan dinar sampai pada janji allah yusuf dijadikan anak angkat raja.
Nafsu syahwat sang majikan menjadi cerita sepanjang zaman di seluruh pelosok negeri di muka bumi, seperti yang dialami yusuf dengan majikannya, beruntung yusuf yang mujur memperoleh pembenaran yang mujarab tentang tudingan yang menjerat hidupnya meski resiko kurungan tak terelakkan dalam hidupnya, namun ajaibnya hidup... berawal dari minpi yusuf menderita dan berawal dari mimpi pula yusuf mendapatkan sukacita.
Akhir perjalanan yusf menjagi kompleksitas hidup sang abid dalam menjalani riyadah hidup, maha benar allah dengan segala firmannya...

Lombok Timur 14/03/2014


Abu Ikbal

Tidak ada komentar:

Posting Komentar